Desain Fasade Rumah Minimalis Kadisoka Yogyakarta

Lokasi rumah ini adalah di Kadisoka, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Saat itu klien ingin merenovasi rumahnya dan menghubungi saya. Rumah ini tergolong rumah tua dan berada di kawasan perumahan kadisoka. Awalnya klien hanya ingin menambah ruangan disamping rumah lamanya. Tetapi seiring berjalannya desain, maka akhirnya klien setuju untuk merombak fasade (tampak muka) rumahnya dengan gaya minimalis agar terkesan lebih ‘segar’ dan elegan.

Desain fasade (tampak muka) bangunan tidak banyak mengalami pembongkaran. Saya hanya menyederhanakan bentuk dari eksisting (kondisi awal) rumah menjadi simple dan sederhana.

Eksisting (kondisi awal) rumah tersebut sebagai berikut :

Desain Fasade Rumah Minimalis Kadisoka Yogyakarta

Sedangkan untuk desain minimalis yang saya ajukan ke pemilik rumah adalah sebagai berikut :

Desain Fasade Rumah Minimalis Kadisoka Yogyakarta

Desain Fasade Rumah Minimalis Kadisoka Yogyakarta

Didesain ini saya tidak banyak melakukan pembongkaran untuk mendapatkan bentuk desain minimalis tersebut. Pagar rumah tidak mengalami banyak pembongkaran, hanya membongkar sedkit elemen ornamennya saja. Ada tambahan bangunan disebelah kanannya untuk teras dan dapur dan penambahan ruang tidur diarea depan .

Atap depan saya desain dengan menggantinya dengan atap beton cor, sehingga menambah kesan minimalis rumah tersebut. Disamping itu, atap beton cor ini lebih banyak memasukkan cahaya untuk pencahayaan rumah diarea depan daripada atap awal rumah ini. Untuk penggunaan warna sendiri, saya memilih ke arah warna natural, yaitu warna-warna kayu (coklat) dan putih. Hal ini saya lakukan juga untuk warna pada kusen pintu jendela.

Desain Fasade Rumah Minimalis Kadisoka Yogyakarta

Desain Fasade Rumah Minimalis Kadisoka Yogyakarta

Terimakasih. Semoga Bermanfaat. Salam.

http://belamudayana.com/

Leave a Reply

