Tips Memilih Bahan Furniture : Furniture Kayu Pinus

Kali ini saya akan mencoba membahas sedikit mengenai kayu pinus untuk alternative bahan furniture selain menggunakan bahan-bahan multipleks, blockboard, mdf, dan sejenisnya.

Kayu pinus ini termasuk jajaran kayu dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan. Kayu pinus memiliki warna natural yang cerah, mempunyai serat kayu yang halus, sehingga mudah diaplikasikan untuk bahan furniture.

tips memilih bahan furniture kayu pinus

tips memilih bahan furniture kayu pinus

Selain itu, kayu pinus ini termasuk jenis kayu yang sangat mudah terserang jamur. Untuk mencegah hal tersebut, biasanya dilakukan pengeringan sesegera mungkin setelah proses pemanenan atau penebangan kayu pinus ini.

Kayu pinus ini juga tidak kuat ( mudah lapuk ) jika bersentuhan langsung dengan tanah atau terkena panas dan hujan secara terus-menerus, sehingga kurang cocok untuk diaplikasikan untuk furniture di luar ruangan dan furniture taman. Untuk mengatasi hal tersebut, anda isb menggunakan laminasi (finishing) pada bagian yang berbidang lebar.

Kayu pinus ini tergolong kayu lunak. Kayu pinus ini tergolong kayu lunak karena adanya fakta bahwa pohon pinus dapat bertahan pada perubahan musim. Hal ini dilihat pada daunnya yang tidak pernah berguguran, tidak seperti kayu jenis keras, yang kehilangan daunnya  akibat perubahan musim. Disamping itu karena tergolong kayu jenis lunak, maka akan lebih memudahkan pemotongannya dalam membentuk berbagai macam furniture.

tips memilih bahan furniture kayu pinus

tips memilih bahan furniture kayu pinus

Ada hal yang perlu anda perhatikan pada saat kayu pinus sudah memasuki tahap finishing (pewarnaan). Biasanya, proses finishing pada furniture yang terbuat dari kayu pinus ini akan lebih sulit dari finishing furniture dari jenis kayu lainnya. Kesulitan tersebut tak lain adalah proses perataan warnanya. Kayu pinus memiliki mata dan kantong minyak yang lebih keras isbanding kayu lainnya,  sehingga penyerapan bahan finishing pada bagian mata dan kantong minyak kurang maksimal yang dapat mengakibatkan warna jadi belang (tidak rata).

Sedangkan untuk pembahasan mengenai desain menggunakan kayu pinus ini akan saya posting di artikel selanjutnya. Terimakasih.

Salam.

Sumber : http://belamudayana.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s